Senin, 07 Januari 2008

Apakah yang menyebabkan tulang-tulang jariku Berbunyi???

Apakah kamu pernah melipat jari-jari tanganm u bersama-sama dan merenggangkanya ke depan, kamu akan mendengar suara gemelatuk tulang-tulangmu. Persendian akan mengeluarkan suara "krak" ketika gelembung-gelembung cairan yang ada di sekitar persendian meledak.
Persendian adalah pertemuan dua antara tulang yang terpisah, serta disatukan kembali oleh urat-urat penyambung dan ligamen-ligamen. Semua persendian dalam tubuh kita dikelilingi dengan cairan synovial, yaitu cairan yang kental dan jernih. Ketika kamu menggulurkan atau menekuk jari-jarimu untuk menyembunyikanya, tulang-tulang persendianmu akan tertarik. Ketika kamu melakukan hal ini, kapsul-kapsul urat pemnyambung yang mengelilingi persendian meningkatkan volumenya. Peninglkatan volume ini akan menciptakan pengurangan tekanan. Jadi, ketika tekanan cairan synovial turun, gas terlarut dalam cairan menjadi kurang terlarut, dan membentuk gelombang-gelombang melalui proses yang disebut kavitasi. Ketika persendian direntangkan, tekanan pada kapsul-kapsul akan turun sangat rendah sehingga gelembung-gelembung meledak membuat suara krak.
Gas memerlukan waktu 25-30 menit untuk larut kembali kedalam cairan yang ada didalam persendian. Selama periode ini, tulang-tulang jarimu tidak akan berbunyi. Ketika gas terlarut kembali, kavitasi mungkin dilakukan lagi dan kamu dapat membunyikan jarimu lagi.

Tidak ada komentar: